Halaman

Minggu, 24 Agustus 2014

Masa Kecil yang Bahagia

Dulu waktu masih kecil, masa kecilku itu tergolong bahagia seperti halnya sebagian besar anak kecil pada umumnya. Banyak main sama tetangga n' temen sekolah. Permainan yang dulu aku dan teman-teman mainkan pun bermacam-macam, contohnya petak umpet, tong rembet, engklek, lompat tali, tom & jerry, kotak pos, polisi-polisian, sepak tekong, bersepeda, layangan, mobil-mobilan, rumah-rumahan, sampai game di komputer dan game console. Kenapa masa kecilku bisa disebut bahagia? Karena dulu pas masih anak kecil tuh aku bebas bermain & mengeksplor banyak hal, lebih gampang bergaul, belum mikirin masa depan, masih berpikiran polos, lugu, dan tentunya menggemaskan. Hahahaha..

Di saat remaja ini ada beberapa momen masa kecilku yang terkuak begitu saja dari alam pikiran. Misalnya jaman bahola saat aku masih TK dan sekeluargaku tinggal di rumah nenek. Ada tetanggaku yang bernama Bimo, kami sering main polisi-polisian. Senjatanya pakai sandal seingatku, hehehe. Biasanya dia yang sering jadi polisinya, sedangkan aku jadi malingnya. Berkejaran dalam polisi-polisian itu emang melelahkan tapi mengasyikkan, dan memacu adrenalin. Sekalian olahraga lari gitu, hehe.. Gak tau deh apakah dia sekarang jadi polisi beneran.

Kalo soal main layang-layang, dulu itu yang jelas mainnya pas musim layangan, alias waktu musim kemarau & banyak angin. Sering banget tuh dulu aku beli layangan & benang layangannya sekalian. Masang benang ke layangan aja awalnya diajari temen. Jarang sekali aku bisa menerbangkan layangan sampai tinggi sekali di angkasa. Karena skill main layang-layangku tergolong pas-pasan. Bagaimanapun, bagiku dulu tetap menyenangkan main layangan. Ada istilah "ampatan", dimana kalau ada dua layangan yang berdekatan di langit itu saling bertarung dengan benangnya masing-masing, layang-layang yang putus itu yang kalah. Waktu main layangan tentunya sering mengalami "tumangsang" (bahasa Jawanya "tersangkut") di pohon atau genteng rumah.

Terakhir, aku mau membahas tentang permainan kotak pos yang dulu waktu kecil sering kami mainkan.
Lagunya begini:
Kotak pos yang belum diisi
Mari kita isi dengan isi-isian
Mbak ook minta huruf apa?
Misal milih huruf G, lantas kita harus memilih kata yang huruf awalnya G (contoh. Gorilla). Kemudian menyanyi lagu ini:
Mbak ook minta huruf G
Lama-lama menjadi gorilla
Trus aku lupa kelanjutan permainannya gimana. :D

Thanks for read...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar